5 Point Untuk SMI

4/6/2013 10:55:49 AM



erie.jpg

Kalau mau terus terang, sejujurnya mulai tahun 2005, Satriyo Wibowo (Mr. Bowo), mulai mengenalkan pada saya tentang SMI (Sekolah Musik Indonesia), yang ketika itu masih akan jadi “embrio”—jelas sangat jauh dari SMI yang sekarang kita kenal. Saya memang sudah dekat dengan Mr. Bowo sejak sama-sama ngeband dan berkreativitas bersama di bangku SMA. Mr. Bowo menyodorkan pada saya semacam draft kurikulum awal-awal, dan kami mulai sharing. Dengan Hanny Setiawan (Mr. Hanny), foundernya SMI, saya belum sempat kenal, tetapi Mr. Bowo sering bercerita tentang beliau, terutama menyangkut sosoknya yang visioner. Karena berjauhan (saya kuliah di ISI Yogya dan Mr. Bowo di UKSW Salatiga), kami jarang bertemu. Tetapi, setiap ada kesempatan ketika sama-sama di Solo, kami selalu memanfaatkan waktu untuk sharing banyak hal, terutama tentang cita-citanya bersama Mr. Hanny untuk mendirikan Sekolah Musik Indonesia. Saya menangkap cita-cita mereka sebagai sebuah keyakinan (baca: iman). Dan pada saat itu saya pribadi percaya, cita-cita mereka akan terwujud.

 

Melompat ke 2010, sekitar bulan Maret-April, sebuah Ruko di Kawasan Solo Baru sudah berdiri, bertuliskan Sekolah Musik Indonesia. Interior dalamnya belum semuanya jadi. Tetapi sudah jelas, inilah representasi nyata dari iman mereka. Alhamdulilah. Puji Tuhan. Lodate il Signore.

 

Mulai 2010 itu juga saya diminta Mr. Bowo untuk join (istilah Mr. Bowo) dengan SMI. Awalnya jadi pengajar gitar, tetapi karena passion saya lebih condong ke pemikiran, maka saya dioper ke bagian Riset dan Pengembangan. Kerja saya adalah sebagai partner dalam diskusi-diskusi musik yang berhubungan dengan pengembangan SMI, baik internal soal visi-visi pendidikan musik, penyusunan kurikulum, musikologi, maupun eksternal yang berupa project-project yang berhubungan dengan SMI. Mulai pada saat itu pula saya banyak belajar terutama mengenai sinergi antara Akademis-Bisnis-Praktis, sebuah “segitiga konsep” yang menjadi kendaraan utama SMI dalam mengusung “Music Technology Education.” SMI hadir sebagai pioner pendidikan musik informal yang berfokus pada teknologi musik.

 

Sudah tentu ada rasa syukur dalam kurun 3 tahun ini (2010-2013), SMI sudah memiliki 7 unit: SMI Solo Baru (pusat), SMI Surabaya Ngagel, SMI Surabaya Graha Famili, SMI Alam Sutra, SMI Kelapa Gading, dan SMI Sidoarjo. Semakin berkembangnya unit-unit SMI, berarti semakin bertambah pula tantangan yang dihadapi. Dan ini wajar. Apa tantangan dan kritik dari kaca-mata saya? Berikut ini beberapa point yang bisa menjadi bahan diskusi bersama, beberapa di antaranya adalah berupa pertanyaan. Rata-rata tidak ngomong soal bisnisnya, dan lebih ke arah wacana-wacana.

 

Kualitas Pengajar (Pedagogy Value)

Saya kira kualitas pengajar betul-betul akan menjadi “oli” utama dalam perputaran roda bisnis maupun tercapainya visi SMI. Bisa dipastikan, bahwa pengajar yang kurang memiliki kualitas oke (baik dari musical skills, pedagogi/menyangkut motivasi kepada siswa, pendidikan karakter, penguasaan metode, dan sikap yang baik/profesional/dedikatif—bisa dipastikan akan membuat murid (beserta parent) tidak betah, dan cenderung akan pergi tidak lebih dari hitungan tiga bulan. Nah, pertanyaannya, bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas pengajar ini? Saya kira program training yang kontinyu dengan disertai komitmen/evaluasi bisa menjadi salah satu upayanya, selain kemandirian para teacher untuk mengupgrade ilmunya dari hari-ke-hari. SMI memberi fasilitas internet yang saya kira bisa dimanfaatkan sebagai library unlimited untuk mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan guru, tidak hanya untuk menonton You Tube atau update status Facebook saja tapi kurang memperdalam sisi musical knoweledge-nya.

 

Jaringan (Stakeholder)

Membentuk stakeholder yang dinamis dalam lingkaran bisnis SMI jelas menjadi tugas utama Managing Director dibantu staf dibawahnya. Tetapi yang saya ingin tekankan di sini adalah bahwa jaringan dalam lingkaran bisnis saja tidaklah cukup! Ingat, bahwa kehidupan musik itu menyangkut kehidupan masyarakat pelakunya di segala elemen, bagaimana membuat masyarakat “ikut memiliki SMI”, oleh sebab itu perlu juga dibentuk jaringan sosial.

 

Dalam hal ini, Team SMI, terutama para guru, staf, branch manager, kepala sekolah, harus membuka pergaulan seluas-luasnya untuk ikut bersentuhan secara langsung dengan, misalnya: komunitas-komunitas musik yang ada/berkembang di setiap unit, musisi-musisinya, universitas, lembaga kesenian, dan lain-lain. Mengapa ini penting? Karena aspek sosiologis inilah yang membuat antar pelaku musik bisa saling mengungkapkan perhatian secara terbuka dan obyektif, berdialog banyak hal tentang kebutuhan masyarakat akan musik, juga untuk membawa nama baik SMI di lingkungan masyarakat. Jika para Team SMI menutup diri dan kurang mau bergaul fleksibel dengan kehidupan sosio-musiknya, maka menurut saya, visi RING (Raising in New Generation) akan semakin sulit dicapai.

 

Manajemen yang Musikal

Seringkali saya berpikir, oke dalam konteks perusahaan, SMI tidak ubahnya sebuah mekanisme yang “mempekerjakan” setiap orang untuk kepentingan perusahaan dan kebutuhan pekerjanya. Itu wajar di bisnis apapun. Tetapi, yang saya sebut “manajemen yang musikal” di sini adalah “mengelola perusahaan” dengan “keindahan.” Saya ngerti betul sikap “orang musik” itu bagaimana, misalnya guru musik. Sungguh, mereka tidak bisa dipresing dengan porsi kerja yang melebihi batas energi maupun pikirannya.

 

Target-target dalam bisnis boleh terjadi, dan itu wajar untuk benefit di setiap pemangku kepentingannya, tetapi yang harus dipikirkan adalah bagaimana mewujudkan “manajemen yang indah”—sesuai dengan sifat musik itu sendiri. Saya kira setiap guru punya tugas yang berat. Mereka bukan hanya dibayar karena waktu atau tenaga, tetapi juga pikirannya (menyiapkan materi, menghadapi setiap siswa yang beda-beda perilakunya, berpikir metode/pedagoginya, dan sebagainya). Oleh sebab itu menghargai kinerja para guru dalam porsinya yang wajar sama seperti menjaga kesehatan jantung. Jangan sampai guru di setiap unit pergi meninggalkan SMI begitu saja karena alasan tidak well dengan manajemennya, semua ada rumus dan adaptasinya, terutama menyangkut bagaimana mengurus guru musik. Ingat, guru adalah denyut jantungnya.

 

 

 

Music Technology Education Centre

Mr. Hanny, yang saya tahu sangat visioner, selalu punya mimpi besar, salah satunya yaitu mewujudkan “Music Technology Education Centre”/Pusat Pendidikan Teknologi Musik. Baginya ini adalah sebuah revolusi pendidikan musik, tentang media pembelajaran/tools-nya, pedagoginya, metode, maupun riset-riset mutakhir yang berkaitan dengan perkembangan teknologi (karya, media dan distribusi) di Abad ke-21. Pemikirannya ini sangat menarik, dan semoga ke depan cita-cita ini dapat benar-benar diwujudkan.

 

Saya kira SMI sudah memulainya, hanya tinggal menyusun konsep dan rencana-rencana ke depan secara strategis saja. Tetapi yang menarik untuk digaris-bawahi lagi adalah, bagaimana “Pusat Pendidikan Teknologi Musik” di Indonesia ini benar-benar mengacu pada potensi-potensi yang ada di Indonesia sendiri, sebab itu source-nya haruslah lebih mengutamakan apa yang dikerjakan di dalam negeri. Yang jelas, apakah kita hanya akan berhenti sebagai user yang menerima bom produk-produk bangsa lain saja? Atau kita bisa jadi creator, ada pemberdayaan di sektor mandiri? “Pusat Pendidikan Teknologi Musik” yang direncanakan Mr. Hanny ini harus bisa menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dan menjadi rujukan utama dari sisi sains dan praktisnya, juga menjadi kendaraan eksklusif untuk mencetak SDM di sektor industri kreatif musik (dan teknologinya).

 

Go To Academy

Sekarang ini level pendidikan di SMI masih setingkat kursusan, dengan siswa rata-rata anak-anak Sekolah Dasar. Ke depan akan ada rencana mengembangkan sayap menjadi Akademi/Universitas, yang memiliki program studi setidaknya D1, D2, D3, dan bahkan mungkin sampai S1. Why not? SMI sangat mampu untuk itu. Menanggapi wacana ini saya pribadi senang sekali. Yah, tapi memang ini jangka panjang, harus terus menggodog konsepnya, tidak bisa “dipaksakan” untuk langsung jadi walaupun modal duitnya ada.

 

Maju terus, SMI!

Bersama Tuhan kita mampu, tanpa Tuhan kita mampus.

With God we can, without God we die.

 

Shaloom.

Erie Setiawan 

Berita Lain

Project keluarga bersama

Seiler Piano dan SMI

SMI Yogya Memeriahkan

SMI Yogya memeriahkan

Belajar Gitar Dengan

Show Your Love in Valentine’s

Berkat Les Musik,Konsentrasi

The Passion In Writing

Mini Konser "The Journey

Lagu Anak - anak Jadul

Siswi SMI Yogyakarta

Guru SMI Yogyakarta d

Seminar Musik Dan Teknologi

Kunjungan Bapak Amy,

Grand Opening SMI Olifant

Kaka, Pertama Kali Lomba

Syukuran HUT SMI Yogya

Kepuasan Orang Tua Murid

test lagi dari supri

test lagi dari supri

test news

Testing

Alice, Siswi SMI Kelapa

UNAS 2014 SMI Kelapa

Kecil-Kecil Berpresta

Kecil-Kecil Berpresta

“Kalau Aku Merasa Sulit,

Independence Documentary

Wina School “House of

Jeje Beri Kejutan Untuk

Aksi Para Murid SMI Y

Pemenang Ramadhan Photo

Beasiswa Belajar untuk

Ngabuburit Jazz SMI Y

Menyambut Ramadhan Bersama

Kemeriahan Singing C

Singing Competition &

Semangat Guruku!

Audisi La Academia Junior

Murid SMI Yogya Mengikuti

Audisi Band dalam Acara

MIXING MASTERING Ala

Semangat Belajar di S

Hello Solo.. Kenalan

Hello Solo.. Kenalan

Masterpiece String Di

SMI YOGYAKARTA Mengikuti

PENAMPILAN SMI YOGYA

Class Conference Term

SMI Kenalkan Metode T

Violin Competition Semarang

LIBURAN KARYAWAN SMI

Tidak Mau Diajak Bolo

Kemeriahan Acara Grand

SMI Ngagel di Acara U

Mini Concert SMI Ngagel

Concert On The Spot (

Happy Valentine…Happy

Miniconcert SMI Kelapa

Letusan Gunung Kelud

Pameran Oriental Carnival

Pameran Perdana SMI S

Dak dik duk hatiku saat

Class Conference Periode

Grand Concert SMI Feat

Parent Gathering SMI

SMI Kelapa Gading at

Guru Piano

Cita-citaku

“KELAS FOM SANGAT MEMBANTU

NATIONAL MUSIC EXAMINATION

National Music Examination

MOST UNIQUE BAND

Makan bersama dengan

PARENTS MEETING SMI G

PARENTS MEETING SMI G

Perform SMI Ngagel At

SMI JOGJA TEAM PRACTICE

Happy Birthday Auliya

Teresia Sylviana Hand

Semangat Training SMI

Semangat Kebersamaan

Saya akan promosikan

Merdeka…! Merdeka…! M

Vilolis cilik SMI Sol

Vilolis cilik SMI Sol

Semangat Teguh Rizal

Fellowship SMI Kelapa

Cerita Dari SMI Kelapa

Jeo - Neun Eum - Ak -

Prepare First Perform

Project Ramadhan SMI

Selamat Hari Raya Lebaran

Selamat Hari Raya Lebaran

Selamat Hari Raya Lebaran

Twins’s Birthday at S

Penampilan SMI Ngagel

Buka Bersama SMI Alam

Tajil Jazz SMI Jogja

Mini Concert SMI Kelapa

UAS SMI Ngagel 2013

Guru FOM SMI Yogyakar

Guru FOM SMI Yogyakar

Selamat Datang Mr. Pr

Developing People at

Reguler Event SMI Solo

SMI Ngagel dan Grafam

Holiday Concert SMI Y

Penampilan Perdana Konser

Kunjungan Mahasiswa U

Verifikasi SMI Solo B

Audisi Lomba Band Adorable

Shooting Trans 7 (Acara

MTL Group Tim SMI Nga

Ulang Tahun Miss Kinanti

Mini Konser SMI Ngage

konser perpisahan di

YANG MUDA YANG BERKAR

Komunitas Photografer

Komunitas Photografer

Om Yosia!

SMI Reg. Timur feat S

FELLOWSHIP SMI SIDOARJO

MINI CONCERT SMI SIDOARJO

SMI Jogja Sambut Head

DIRGAHAYU SURABAYAKU

Surprise Ulang Tahun

Aksi Jamming Dadakan

Foundation of Music (

The Only Exception

Mini Konser “Kartini”

THE SISTERS

Jazz for God

Class Conference SMI

Be More Innovative!

Konser Hebat SMI Yogy

BUBBLE SHOW MUSIC CON

Sponsorship SMI untuk

SUPERKID SHOW at Vita

Class Conference Perdana

UNAS SMI Yogyakarta

SMI Ngagel at Grand C

Training Guru Regional

Traditional Feat Mode

SMI JAZZ NIGHT AT PARAGON

Lomba Solo Vokal @JEC

Soft Launching “ New

Persiapan Lomba Vokal

Training Head Education

Membaca Musik dengan

Kolaborasi Mr.Max, Joy,

The Journey of Brandy

Wajah Baru Ruang MTL

JAM SESSION SMI ALAM

Penyerahan Piagam dan

Training dan Evaluasi

Imlek dan Valentine S

Gong Xi Fat Cai

Event Imlek dan Valentine

Pameran SMI di PG/TK

Mandarin Night SMI So

Program Beasiswa Expresi

Senyuman Hangat Jessi

Konser Murid-Murid Vokal

dari Konser Piano Lia

Kolaborasi Guru dan M

The Dream Come True

Grand Konser SMI Regional

Semarak Grand Opening

Training “SMI Values”

Menengok Kesibukan Jelang

Orchestra Project By

Acara Chrismast Jazz

Kiprah SMI ALSUT di N

Pameran SMI at East C

Keseruan Grup Baru di

SMI Jazz Live di Solo

Ultah Mas Nova bersama

Recording Sekolah Minggu

Memperingati Hari Pahlawan

Training Pro-tools with

Home Concert Sekolah

Pameran dan Final SMI

Home Concert SMI Ngagel

Workshop Riozee di SMI

Semangat! Mrs. Reina!

Cherish dan Gerak Lucu

Ulang Tahun Jerry di

Jangan Pernah Takut u

Recording with SMP Gloria

Pod Dut di Waktu Luan

Oktober Ceria di SMI

Training Piano bersama

Mini Konser at ECC ma

SMI on GBI WTC serpon

Persiapan Perfom SMI

Meriahnya Pesta Ulang

Penghalang Semangat N

Berbagi Kisah Kehidupan

Dua Nada Jadi Sebuah

Mengenalkan SMI lewat

Gedung Baru SMI Jogja

SMI di Sobat Anak Solo

SMI Sidoarjo Succes S

SMI Concert 2012

Rasa Peduliku

PERSIAPAN HOME CONCERT

SMI Graha Family Beri

Pentingnya Dukungan O

Semarak Mini Konser S

Iman Percayaku Menyem

Mikhael Eka Sutrisna

Theresia Sylviana Semangat

Persiapan Konser SMI

Persiapan Konser SMI

Ujian Evaluasi Belajar

Succes Story Siswa SMI

Persiapan SMI Ngagel

Bagi-Bagi Takjil with

SMI Jazzy Night

Serunya Mini Concert

Calsen dan Suster Tit

SMI Ngagel Berbagi Voucher

SMI JOGJA SUKSES GELAR

SMI Dorong Kreativitas

SMI Jogja Gelar Home

SMI Solo Baru: Pameran

Dikusi Buku “Virus Setan”

Alat Musik dan Sekolah

SMI Solo Baru: Recording

Belajar Gitar Dengan

SMI Solo Baru: Pameran

Dua Sahabat Kompak Belajar

Pro Tools | First, Versi

Dikusi Buku “Virus Setan”

Mengenal Musik Dalam

Geraldo Felix Indarto:

Dua Sahabat Kompak Belajar

Diskusi Buku “Virus S

Nino Ario W, Pemain K

Peluncuran dan Bedah

Semangat Rahmad Meraih

Ujian Evaluasi Belajar

Samdave: Potensi Besar

SMI bergabung dalam A

Mr. Brands Guru Favorit

Cerita dari Maluku ke

MOST UNIQUE BAND

SMI Hadir Di Saat Yang

SMI Hadir Di Saat Yang

SMI Hadir Di Saat Yang

Budi Pasadena

UAS SMI Ngagel 2013

UAS SMI Ngagel

UAS SMI Ngagel

UAS SMI Ngagel

5 Point Untuk SMI

Teknologi musik memudahkan