Methodologi SMI

Project Based Learning

Project Based Learning (PBL) adalah sebuah metode pembelajaran yang mengembangkan siswa melalui tugas yang menantang berdasarkan masalah yang melibatkan pemecahan masalah siswa, pengambilan keputusan, keterampilan investigasi, dan refleksi yang difasilitasi oleh guru secara tidak langsung. Melalui pengalaman ini para siswa dengan demikian akan menerapkan kemampuannya di dunia luar kelas. PBL menekankan pada kemampuan siswa untuk berpikir kreatif untuk menemukan bahwa ada banyak cara untuk memecahkan masalah.

PBL menggunakan sebuah project sebagai metode pembelajaran. Melalui project ini para siswa akan digiring untuk mengerjakannya secara nyata seakan-akan ia sedang berada dalam dunia sebenarnya.




3 in 1 Methodology

Untuk mengimplementasikan pembelajaran abad-21 SMI menggunakan jalan SMI 3-1 methodology yang mencakup Private Class, Multimedia Technology Laboratorium (MTL), dan Group Class. 3-1 methodology dipergunakan untuk mengembangkan secara simultan musical skill dan musical behaviour secara bersamaan. Sehingga baik Private, MTL, maupun Group masing-masing memiliki kepentingan tetapi secara integral merupakan “roh SMI”. Ketiganya dibungkus oleh project based learning methodology sebagai “tubuh SMI”. Dan 21st Century Learning sebagai “jiwa SMI”.