Learning By SMI

Perkembangan pendidikan musik di Indonesia cukup menggairahkan dengan ditandai lahirnya sekolah-sekolah musik baru baik yang bersifat akademis maupun pembelajaran di luar sekolah (ekstrakulikuler).


Akan tetapi, pertumbuhan kualitas pendidikan musik sendiri harus diakui tidak berkembang sebanding dengan pertumbuhan kuantitas dari sekolah musik itu sendiri. Outcomes yang tidak terdefinisi dengan baik, proses belajar mengajar yang sangat konservatif dan ketinggalan dari perkembangan jaman (baca: abad ke-21), sumber daya guru dan instruktur yang sangat kurang pembekalan dalam hal pengajaran (pedagogy), dan pembelajaran yang tidak menitikberatkan kepada murid, menjadi trigger, mengapa Sekolah Musik Indonesia sangat mendukung Research & Development (R&D) sebagai fungsi yang tidak bisa dipisahkan bahkan harus strategis dan didepan untuk membangun sebuah sekolah musik di abad ke-21. Dengan membangun dari fondasi yang kuat, bangunan Sekolah Musik Indonesia mampu berdiri setinggi mungkin.


Melalui musik SMI percaya “we can educate every child”. SMI mengakomodir kepentingan orang tua demi tumbuh kembang anak dan memfasilitasi anak untuk terus mengasah kreativitasnya guna menghadapi tantangan dunia terkini.



SMI adalah total solution. SMI menjadi partner yang tepat bagi para orang tua untuk mendidik dan mengembangkan anaknya. SMI yakin bahwa peran musik amat berpengaruh terhadap tumbuh kembang semua anak tetapi di sisi lain SMI menyadari bahwa tidak semua anak harus menjadi pemain musik dan memilih musik sebagai jalan hidupnya. Every child is different. Namun, semua anak punya hak untuk mendapat pendidikan musik. Karena SMI percaya bahwa pendidikan musik adalah ingredient utama untuk mengasah kreativitas anak. Untuk itu dapat dikatakan bahwa kini SMI menjadi pionir pengembangan pendidikan musik bagi anak. Bagi SMI yang paling penting adalah tumbuh kembang anak.